People Innovation Excellence

BINUS ONLINE LEARNING, KULIAH TANPA HARUS KE KAMPUS

UNIVERSITAS BINA NUSANTARA (BINUS) menerapkan metode yang diberi nama BINUS Online Learning. Metode tersebut memungkinkan mahasiswa tidak perlu datang ke kampus, karena hampir seluruh kegiatan perkuliahan dilakukan melalui sistem online.

“Mendorong mahasiswa untuk self learning, untuk belajar mandiri,” ujar Deputi Direktur BINUS Online Learning, Agus Putranto, saat ditemui di Kampus BINUS, Jalan K.H. Syahdan No.9, Jakarta Barat, Selasa (9/9/2014) lalu.

Agus mengatakan, BINUS Online Learning merupakan suatu metode pembelajaran yang mulai diterapkan sejak 14 Februari 2009. Metode tersebut diperuntukkan bagi orang yang sudah bekerja, ibu rumah tangga, atau orang yang memiliki kesibukan sehingga tak mempunyai waktu menjalankan aktifitas perkuliahan di kampus. Melalui metode ini mahasiswa tetap dapat menjalankan aktifitas perkuliahan secara online tanpa harus mengganggu pekerjaannya.

“Kita jaga fleksibilitasnya, tapi tetap kita hasilkan lulusan yang kualitasnya sama dengan perkuliahan regular,” ucap Agus.

BINUS sudah merancang sedemikian rupa pola pembelajaran secara online sehingga mahasiswa tetap merasa sedang belajar di dalam kelas. Pada metode tersebut mahasiswa dapat berinteraksi dengan dosen dan anggota kelas lainnya melalui forum diskusi yang sudah disediakan.

Untuk pertanyaan terkait dengan mata kuliah, misalnya, dapat dilakukan pada Course Room. Sedangkan untuk pembahasan tugas kelompok, mahasiswa dapat melakukannya di Team Room.Sementara itu, untuk pertanyaan atau konsultasi personal dengan dosen bisa dilakukan melalui Personal Room. Selain itu, juga disediakan Class Conference untuk memudahkan mahasiswa berinteraksi dalam virtual class yang bersifat optional.

Sementara itu, Direktur BINUS Online Learning, E.A Kuncoro menyebutkan, Universitas BINUS menjadi pelopor kampus dengan menerapkan metode perkuliahan online. Hingga saat ini, masih sedikit kampus yang memiliki metode perkuliahan secara online.

“Sejauh ini kita bisa katakan begitu, karena memang pertama kan visi BINUS menjadi panutan dalam sistem tekonologi informasi,” ucap Kuncoro.

BINUS Online Learning menyediakan program untuk Strata 1 dan Strata 2. Untuk S-1, program studi yang tersedia adalah Sistem Informasi (ekstensi Diploma 3 – S-1), Manajemen Marketing (ekstensi D3 – S1), Manajemen Marketing (S1), dan Akuntansi (ekstensi D3 dan S-1). Sementara itu, program studi yang tersedia untuk S-2 adalah Magister Teknik Informatika dan Magister Manajemen Sistem Informasi.


Published at :
Written By
FATHUR ROCHMAN
Penulis | KOMPAS.com
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close