Binus Universitas Swasta dengan Reputasi Akademik Terbaik Versi QS WUR 2022

Jakarta – Lembaga pemeringkatan universitas Quacquarelli Symonds (QS) merilis daftar universitas terbaik QS World University Rankings 2022 atau QS WUR, pada Rabu, 9 Juni 2021 lalu. Dari rangking tersebut Universitas Bina Nusantara atau Binus University jadi universitas swasta dengan indikator reputasi akademik terbaik di Indonesia.

Binus University menduduki peringkat 1001-1200 di QS World University Rankings 2022 dan jadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Binus juga mencatatkan diri sebagai universitas swasta dengan reputasi akademik terbaik.

Dalam melakukan penilaian QS WUR menilai berdasarkan 6 indikator yaitu sebagai berikut:

1. Academic Reputation (40%) yaitu mengukur unsur akademik secara menyeluruh.

2. Employer Reputation (10%) yaitu mengukur kualitas lulusan dari sisi pengguna tenaga kerja.

3. Faculty Student (20%), yaitu mengukur kualitas kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi.

4. Citations per Faculty (20%), yaitu mengukur jumlah publikasi yang dihasilkan tiap fakultas dan dampak serta kualitas karya ilmiah yang dihasilkan dalam suatu perguruan tinggi.

5. International Faculty (5%), yaitu mengukur jumlah ekspatriat/tenaga pendidik asing di fakultas/perguruan tinggi.

6. International Student (5%), yaitu mengukur jumlah mahasiswa asing di fakultas/ perguruan tinggi.

Urutan universitas swasta dengan reputasi akademik terbaik versi QS WUR 2022

1. Bina Nusantara University (Binus)

Binus menempati urutan pertama universitas swasta terbaik versi QS WUR 2022 di Indonesia. Lalu masuk ke dalam universitas terbaik di Indonesia urutan ke-8. Selain itu di peringkat dunia, Binus masuk ke urutan 1001-1200. Untuk reputasi akademik Binus mendapatkan nilai 9,8.

2. Telkom University

Telkom University menempati urutan kedua universitas swasta terbaik versi QS WUR 2022 di Indonesia. Lalu masuk ke dalam universitas terbaik di Indonesia urutan ke-10. Selain itu di peringkat dunia, Telkom University masuk ke urutan 1001-1200. Untuk reputasi akademik Telkom University mendapatkan nilai 5.

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

UMS menempati urutan ketiga universitas swasta terbaik versi QS WUR 2022 di Indonesia. Lalu masuk ke dalam universitas terbaik di Indonesia urutan ke-14. Selain itu di peringkat dunia, UMS masuk ke urutan 1200+. Untuk reputasi akademik UMS mendapatkan nilai 4,2.

Bagaimana detikers apakah tertarik berkuliah di Binus, universitas swasta terbaik di Indonesia?

Sumber: Detik.com (2021)