BELAJAR BISNIS DARI JURUSAN BUSINESS MANAGEMENT BINUS @PALEMBANG

SUMEKS.CO – Generasi millennial saat ini begitu identik dengan teknologi dan kreatifitas dan mampu melakukan banyak hal dalam satu waktu namun tetap bisa aktif, kreatif dan produktif. Dan salah satu yang saat ini sedang banyak dilakukan oleh generasi muda adalah membangun bisnis start up atau menjadi entrepreneur.

Banyak dari para entrepreneur muda ini masih berstatus mahasiswa, namun kuliah bukanlah halangan untuk dapat terus menjalankan bisnis yang mereka rintis, karena melanjutkan pendidikan di bangku kuliah tentu merupakan sebuah keharusan sebagai bekal masa depan. Oleh karena itu, pemilihan jurusan yang tepat juga penting untuk dapat mendukung usaha yang sedang dijalankan.

Salah satu jurusan yang dapat mendukung cita – cita untuk memiliki bisnis dan mengelolanya dengan baik adalah Jurusan Business ManagementJurusan Business Management merupakan jurusan untuk mempersiapkan para mahasiswanya menjadi mahir dalam mengelola sebuah bisnis. Melalui jurusan ini mereka akan memiliki bekal yang lebih matang untuk mengelola bisnis, baik bisnis baru maupun bisnis yang sudah berjalan. Sehingga Jurusan ini sangat cocok bagi yang ingin berkarir di sebuah perusahaan, serta bagi mereka yang ingin menjadi seorang entrepreneur.

BINUS University @Palembang memiliki program studi Business Management dengan metode Online Learning sejak tahun 2015,  program studi ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswanya dalam mengelola bisnis dan manajemen guna memenangkan persaingan bisnis global yang kian ketat dalam dunia usaha dan dunia industri (DUDI),  membekali mahasiswa dengan kemampuan dan kompetensi pemanfaatan teknologi informasi (TI), kemampuan dan kompetensi pada bisnis internasional dan strategis, dan mampu mengaplikasikan pemikiran-pemikiran yang strategis di bidang manajemen dan bisnis global, membekali mahasiswa dalam memahami isu-isu terkait implementasi dan pengendalian program manajemen dan bisnis dalam berbagai bidang usaha dan lintas sektor industri yang diperlukan oleh mahasiswa sebagai agen perubahan dalam manajemen dan bisnis global di masa mendatang.

Dr. Hartiwi Prabowo,  SE,. M.M., Ketua Program Studi Business Management BINUS University Online Learning, ia menjelaskan Jurusan Business Management Online Learning, secara keilmuan dan keahlian sebagai lulusan sarjana menajemen, secara umum memiliki tingkat keahlian yang sama dengan perkuliahan reguler BINUS University “Namun ada kelebihan lain dari program Online Learning dimana Mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah dari jurusan lain, supaya pengetahuannya tidak hanya tentang ilmu manajemen saja, melainkan juga mata kuliah yang up to date terkait dengan teknologi. Yang biasa kita sebut dengan Technopreneur”.

Ungkapnya, kuliah manajemen bisnis di BINUS University @Palembang tidak hanya belajar murni ilmu manajemen saja, tapi juga belajar manajemen berbasis IT. Dengan seperti itu tentunya kami dapat membantu usaha-usaha yang tadinya mereka lakukan secara tradisonal, menjadi lebih modern lagi dimana mereka bisa mengaplikasikan ilmu pengetahuan menjadi pebisnis yang bisa menggunakan IT dalam layanannya. Tentu ini akan menjadi value yang sangat positif untuk usaha mereka.

Jurusan ini sangat membantu mahasiswa yang sudah bekerja maupun yang mempunyai usaha, Kalau mereka bekerja ketika sambil kuliah dengan jurusan ini mereka memiliki ilmu dengan berbagai metode pada saat mengambil keputusan, untuk mahasiswa yang  terkait usaha, mereka akan mengetahui sejauh mana keilmuan bisa membantu usaha yang mereka sedang kelola. Yang pasti mereka akan belajar tentang business plan, strategy management, dan management innovation, hal- hal yang sangat dibutuhkan yang berkaitan dengan perkembangan bisnis.

Lanjutnya, “Jurusan ini sangat cocok untuk mahasiswa yang memiliki keinginan untuk berwirausaha atau mengembangkan bisnis sendiri di kemudian hari. Meski demikian, mahasiswa yang tertarik dengan bisnis di level perusahaan yang lebih besar juga dapat mengambil jurusan ini. Intinya, siapapun yang tertarik dengan pengelolaan bisnis dapat mengambil jurusan bisnis manajemen di bangku kuliah”.

“Harapan saya Lulusan yang dihasilkan oleh BINUS University @Palembang dapat menjadi Konsultan Manajemen Strategi, Chief Operational Manajemen, Manajer disegala fungsi bisnis, seperti Manajer pemasaran, HRD, Produksi, dan tidak kalah penting menjadi Enterpreneur,” imbuhnya.

Bella Sinta seorang wirausaha yang merupakan mahasiswa semester 2 di BINUS University @Palembang jurusan Business Management, menjelaskan berbisnis sambil kuliah menjadi salah satu pilihan yang ia tempuh bukan hanya dilakukan oleh dirinya saja, namun banyak mahasiswa lain menjalankan hal yang  sama juga. Karena hal ini didukung dengan fleksibilitas waktu kuliah dan mata kuliah yang berkaitan sekali dengan dunia bisnis sehingga memungkinkan para mahasiswanya untuk mencoba peruntungan melalui kegiatan bisnis selain aktivitas kuliah.

Paparnya, “Saya memilih BINUS University @Palembang dengan jurusan Business Management dikarenakan jurusan tersebut sangat sesuai dengan passion saya, yaitu berwirausaha. Saya ingin mendalami lagi passion saya tentang bisnis dan belajar bagaimana memanage bisnis dengan baik tentu butuh ilmunya agar saya dapat mengembangkan usaha saya dibidang Food and Beverage. Apalagi diposisi saya sekarang kerja sambil kuliah, ilmu yang saya dapat saat kuliah bisa langsung saya terapkan di usaha saya.”

“Usaha yang saya jalani saat ini sudah berjalan kurang lebih tiga tahun. Berkuliah dengan jurusan ini sangat membantu usaha saya saat ini, harapan saya kedepannya semoga usaha saya dapat berkembang lebih baik lagi dan dapat membuka cabang di tempat saya berasal dengan ilmu yang saya dapat di BINUS University @Palembang”, ujar wanita kelahiran Banyuasin ini.

“Namun, di sisi lain, menjadi pengusaha muda saat berkuliah juga mempunyai tantangan tersendiri. Misalnya saja, seorang studentpreneur cenderung akan mengalami kesulitan dalam hal manajemen waktu, seperti menyesuaikan jadwal kuliah, organisasi, tugas, dan bisnis, tapi semua itu justru membuat saya lebih semangat dan tertantang”, tutupnya.(mia)