Binus University Palembang Berkomitmen Lahirkan Generasi Indonesia Berkualitas, Begini Caranya

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG- Saat ini semua bidang telah menggunakan IT dalam menjalankan proses bisnisnya mulai dari bidang hiburan, sampai dengan bidang Pendidikan bahkan bidang kedokteran.

Oleh karena itu kebutuhan akan lulusan Teknik Informatika terus meningkat, karena untuk mendukung pengembangan penggunaan IT di berbagai bidang tersebut membutuhkan orang atau lulusan yang paham terhadap pengembangan aplikasi atau system.

Sebagai institusi pendidikan berkelas dunia, Binus University berkomitmen untuk terus melahirkan generasi penerus Indonesia yang berkualitas.

Dr. Suharjito, S.Si., MT. Head of Program PJJ Teknik Informatika mengatakan teknik Informatika adalah salah satu jurusan di Binus yang mempelajari bagaimana mengembangkan software atau perangkat lunak baik berbasis dekstop, internet atau mobile application.

Oleh karena itu mahasiswa yang masuk pada jurusan ini akan belajar bagaimana membuat program, bagaimana merancang aplikasi program dan bagaimana merancang dan membuat basisdata untuk suatu permasalahan tertentu.

Disamping itu pada jurusan Teknik Informatikan juga akan belajar tentang jaringan computer, dalam hal ini mahasiswa di ajarkan untuk merancang jaringan seperti LAN (Local Area Network), WAN (Wide Area Network) dan juga belajar administrasi jaringannya seperti penentuan hak akses dan kecepatan akses suatu jaringan.

“Mahasiswa pada jurusan Teknik Informatika setelah lulus dapat menjadi Software Engineer/Developer yakni orang yang dapat menganalisa kebutuhan system atau aplikasi dari permasalahan bisnis di satu perusahaan dan dapat membuat aplikasi untuk memberikan solusinya,” jelasnya.

Selain itu juga menjadi Web Engineer/Developer, orang yang dapat merancang dan mengimplementasikan aplikasi berbasis web seperti aplikasi tokopedia, traveloka, dan lain sebagainya.

“Juga bisa menjadi Computer Network Specialist, seorang yang dapat merancang jaringan computer yang cocok bagi suatu perusahaan sesuai dengan kebutuhannya serta menjadi database Specialist, seorang yang dapat merancang dan mengimplementasikan aplikasi basisdata yang dapat menyimpan transaksi yang ada disuatu perusahaan sehingga mudah untuk dilakukan pencarian dan pelaporan,”beber dia.

Lulusan teknik informatika juga bisa menjadi IT Support/Consultant yakni seorang yang dapat menjadi konsultan dalam mengimplementasikan ICT di suatu perusahaan sesuai dengan kondisi perusahaan tersebut.

Oleh karena itu Binus sebagai salah satu Universitas yang unggul dalam Bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mempunyai jurusan Teknik Informatika yang dapat ditempuh secara online dengan nama PJJ TI (Pendidikan Jarak Jauh Teknik Informatika).

” Dengan adanya jurusan ini dimungkinkan untuk menciptakan lulusan yang mahir dalam bidang Teknik Informatika dari berbagai pelosok Nusantara sehingga konsep Binus dengan cita-citanya untuk membina Nusantara dapat tercapai,” ungkap dia.

Selain itu dengan adanya PJJ ini dimungkinkan mahasiswa dapat kuliah tanpa harus datang ke Binus Jakarta untuk memperoleh Pendidikan dalam bidang Teknik Informatika yang berkualitas.

“Mahasiswa dapat kuliah dari manapun mereka berada hanya dengan menggunakan Komputer dan internet untuk dapat mengakses materi pembelajaran yang dapat diakses dan di download dari aplikasi LMS (Learning Management System) dengan nama Binusmaya. selain itu materi yang tersedia juga dalam berbagai bentuk seperti video, power point, lecturer note dan animasi sehingga mahasiswa lebih mudah memahami materi karena materi dapat dijalankan berulang-ulang sampai mahasiswa paham berdasarkan video pembelajaran yang ada,” tegasnya.

Dalam proses pembelajarannya mahasiswa juga akan dipandu oleh seorang tutor yang dapat diajak diskusi setiap saat dengan topik-tipik materi kuliah yang ada sehingga mahasiswa benar-benar paham dan dapat bertanya jika dalam proses belajarnya menemui kendala.

“Untuk menjaga kualitas pembelajaran dari Binusmaya tersebut tersedia juga kuis online dan soal-soal tugas yang harus dijawab oleh mahasiswa sehingga setiap mahasiswa akan terlihat pencapaian hasil belajarnya dari nilai tugas dan kuis online ini,”tambahnya.

Untuk setiap mata kuliah telah tersedia ujian akhir secara online di akhir periode perkuliahan sehingga pada saat ujian mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk menempuh ujian akhir.

Dengan konsep ini kuliah di PJJ Teknik Informatika menjadi lebih fleksibel karena mahasiswa dapat menjalankan aktivitas kesehariannya seperti kerja atau usaha sambil kuliah dengan kualitas pembelajaran yang berstandar Internasional.

“Teknik Informatika Binus dapat diambil oleh setiap mahasiswa di seluruh Indonesia bahkan luar Indonesia dengan konsep pembelajaran online ini,”paparnya.

Sebagai contoh saat ini ada beberapa mahasiswa dari Timor Leste yang mengambil kuliah Teknik Informatika Online.

Disamping itu juga ada beberapa mahasiswa dari Qatar yang ambil kuliah online di Binus. Mahasiswa Qatar ini adalah orang Indonesia yang bekerja di berbagai perusahaan di Qatar.

BINUS UNIVERSITY kini memiliki lebih dari 140.000 komunitas BINUSIAN diantaranya alumni yang berjumlah 111.920.

Sumber: Tribunsumsel.com