Teknik Industri, Jurusan Keren di Masa Depan

SUMEKS.CO – Teknik Industri adalah salah satu keilmuan teknik yang berkenaan dengan studi tentang upaya dan strategi membuat perencanaan, perancangan, memodifikasi, mengendalikan, dan meningkatkan kinerja sistem yang kompleks dan terintegrasi yang terdiri dari sistem manusia, material, mesin dan metode/teknologi terhadap perubahan waktu dalam konteks yang relevan dan terkini.

Lulusan Teknik Industri nantinya bertanggung jawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan. Di jurusan Teknik Industri, mahasiswa banyak melakukan penyelesaian masalah melalui pendekatan matematis.

BINUS University mempunyai Program PJJ Teknik Industri (S1) BINUS Online Learning melalui skema model pembelajaran dalam jaringan internet (daring) atau Pendidikan secara online bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan kemampuan keilmuan teknik industri dan praktik lapangan terbaik.

Memiliki daya kompetisi global dan kontribusi nyata dalam profesi dan masyarakat serta untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan lanjutan di bidang Teknik Industri dalam perencanaan, analisis, dan perancangan kebutuhan industri e-business yang berkomitmen terhadap kode etik dan standar profesional.

Dengan demikian, Program PJJ Teknik Industri ini merupakan solusi terbaik bagi Lulusan SMA/SMK yang sudah berkerja di bidang manufaktur, industri dan services untuk melanjutkan studinya di BINUS Online Learning.

Model Pembelajaran secara online Program Studi PJJ Teknik Industri BINUS Online Learning memberikan kemudahan dan fleksibilitas untuk berinteraksi dengan dosen, dan rekan-rekan serta didukung oleh bahan ajar yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri.

Selain menggunakan bahan ajar mandiri yang disediakan oleh Prodi PJJ Teknik Industri (S1), mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan bahan bacaan lain di perpustakaan mengikuti tutorial, baik secara tatap muka maupun melalui internet, radio, dan televisi, serta memanfaatkan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video.

Dijelaskan kepala jurusan Teknik Industri BINUS Online Learning, Taufik, S.T., M.M., PhD, bahwa Program Studi Teknik Industri (S1) BINUS University menjadi salah satu Universitas yang diberikan kepercayaan oleh DIKTI untuk menjalankan Program studi PJJ Teknik Industri secara mandiri dalam upaya menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidangnya dengan hard skill dan soft skill di bidang Manufacturing, Supply Chain Engineering & Logistic, Scientific Management, Ergonomic (Human Factor Engineering) dan IT System.

Teknik Industri akan menjadi jurusan keren dan banyak diminati di masa depan sebagaimana yang diketahui, industri merupakan sektor ekonomi yang sangat fundamental di dalam negara-negara maju. Pertumbuhan industri terus meningkat dan meluas mengakibatkan peluang untuk bekerja juga semakin terbuka lebar.

“Bahkan di Indonesia dengan status sebagai negara berkembang yang mulai melangkah maju, pertumbuhan industri juga semakin meningkat. Nyatanya, industri pun menjadi sektor yang memberikan kontribusi ekonomi paling tinggi di antara sektor lainnya. Artinya, peluang untuk mengejar karir sesuai dengan bidang studi teknik industri terbuka sangat lebar”, jelasnya.

Prospek kerja lulusan Teknik Industri tidak hanya berkutat menjadi bagian dari perusahaan komersial tertentu.

“Dengan bekal ilmu yang dimiliki, mahasiswa yang cenderung enggan untuk bekerja di lingkungan kerja formal juga sangat mungkin untuk memperoleh karir cemerlang dengan cara independen seperti konsultan, atau bila mahasiswa lebih ingin terjun dalam dunia akademisi, menjadi tenaga pengajar juga hal yang sangat memungkinkan”, tegasnya.

Prospek kerja lulusan Teknik Industri antara lain Quality Control (QC), HRD, Analis Produksi, HSE Engineer, Cost Control Engineer, dan lain sebagainya.

“Kita juga sudah banyak penghargaan dan akreditasi internasional dalam hal ini seperti ABET dan IABI, dengan akreditasi internasional ini memberikan kejelasan kurikulum yang dirancang berdasarkan standar Internasional dimana standart Internasional itu nantinya akan diberikan juga ke mahasiswa dalam pola rancangan kurikulum pembelajaran dalam masa studinya”, jelasnya.

Program Teknik Industri dirancang untuk mengintegrasikan ilmu-ilmu dasar seperti matematika, fisika dan analisis desain teknik serta basis ilmu komputer yang menjadi suatu keharusan dan kemampuan dalam pemodelan dan penyelesaian sistem yang kompleks tersebut.

Program Teknik Industri dirancang untuk mengintegrasikan ilmu-ilmu dasar seperti matematika, fisika dan analisis desain teknik serta basis ilmu komputer yang menjadi suatu keharusan dan kemampuan dalam pemodelan dan penyelesaian sistem yang kompleks tersebut.

“Dimana nanti akan ada proses transformasi digital yang dramatikal yang akan berlaku di seluruh perusahaan tentunya sekarang ini, sedang terjadi dan dimana harapannya Teknik indursti ini bisa berperan banyak karena dikampus kita ilmunya koprehensif. Ilmunya itu bagian dari teknik mesin, manufaktur, manajeman, statistik, komputer, kimia dan sebagainya, sehingga menjadikan satu-satunga ilmu teknik industri yang sangat relevan kepada ilmu kekinian sekarang ini”,tutupnya.

Sementara itu mahasiswa BINUS Online Learning @Palembang menceritakan pengalamannya selama kuliah di BINUS, “Saya memilih kuliah di BINUS Online Learning @Palembang karena merupakan kampus yang memiliki prestasi, disiplin yang baik, serta teknologi yang canggih dan juga kelas yang saya ambil merupakan kelas online yang sangat flexibel sehingga tidak mengganggu pekerjaan saya. Saya merupakan seorang pegawai disalah satu perusahaan besar di Sumatera Selatan dan sedang berkuliah semester 3 di BINUS Online Learning @Palembang dan mengambil program studi teknik industri”,ungkap Yayan Kurniawan.

“Jurusan teknik industri merupakan jurusan yang sangat mendukung karir saya saat ini, bisa menunjung pekerjaan saya kedepannya dan menambah ilmu di bidang teknik industri. Jurusan ini juga memberikan solusi yang efektif dan efesien dalam berbagai proses produksi, juga dalam pembuatan sistem kerja yang efektif dan efesien”, tutupnya.(ril)