Kuliah Kekinian di Era New Normal

SUMEKS.CO – Era New Normal, dampak dari pandemi Covid-19, telah merubah sistem pengajaran di dunia pendidikan. Biasanya kegiatan belajar mengajar atau perkuliahan dilaksanakan secara tatap muka. Guru atau dosen bertemu secara fisik dengan peserta didik dalam ruangan. Kini digantikan pengajaran melalui media elektronik (e-learning).

Perkuliahan secara e-learning sudah lama dilakukan Universitas Bina Nusantara (BINUS University). Bahkan jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia. BINUS University telah memiliki program pembelajaran jarak jauh (online learning).

Manager BINUS Palembang Hardiyansyah, S. Kom, MM mengatakan dimasa New Normal BINUS Palembang menerapkan sistem pembelajaran full online.

“Mahasiswa tidak perlu datang ke kampus, tatap muka dengan dosen, jadi semua aktifitas kuliah dilakukan secara daring baik ujian maupun diskusi langsung dengan dosen, ” jelasnya.

BINUS fokus dengan perkuliahan online sejak 2008 dan pada 2014 memiliki ijin dari pemerintah. “Jauh sebelum pandemi (Covid-19) kami sudah menerapkan sistem pembelajaran online, jarak jauh, ” ungkap Hardiyansyah.

BINUS yang merupakan salah satu kampus yang diakui dan masuk peringkat sepuluh besar Universitas Terbaik di Indonesia versi QS World University. “Di Indonesia BINUS mendapatkan peringkat 1 nasional untuk Perguruan Tinggi Swasta,” lanjut Hardiyansyah. BINUS juga hadir di Jakarta, Bekasi dan Serpong serta beberapa kota lainya di Indonesia seperti Malang, Bandung, Semarang dan Palembang.

Perkuliahan di BINUS lebih kekinian. BINUS memberikan kemudahan dan fleksibilitas kepada mahasiswanya. Terutama di era digital seperti saat ini, mahasiswa bisa melakukan perkuliahan secara daring atau online dengan kualitas dan mutu terjamin.

BINUS mempunyai sistem perkuliahan yang kredibel, fleksibel dan dipercaya mahasiswa di tanah air. Sistem perkuliahan BINUS Online Learning dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan berkualitas namun tetap fleksibel dalam belajar.

Muhammad Rizki Pratama, mahasiswa Jurusan Teknik Industri S1 (Ekstensi D3 ke S1) BINUS Palembang mengatakan, dirinya merasa sangat terbantu dengan sistem perkuliahan di BINUS Palembabg. “Karena banyak kemudahan,” imbuhnya. Khususnya bagi para mahasiswa yang sudah bekerja. Karena waktunya lebih fleksibel.

Selain itu, tambahnya, perkuliahan di era New Normal juga meningkatkan kreatifitas mahasiswa untuk lebih aktif dalam mencari jurnal. “Sistem perkuliahan di BINUS Palembang yang telah terintegrasi menjadi salah satu alasan saya memilih berkuliah di BINUS. Disamping kredibilitasnya yang semua orang tahu sangat baik,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, sebagai karyawan di sebuah perusahaan BUMN tentunya ia memiliki keterbatasan waktu dan jarak untuk dapat melanjutkan pendidikan. “Namun di BINUS Palembang, saya menemukan sistem perkuliahan yang efektif dan sangat fleksibel,” bebernya.

Rizki berharap BINUS dapat lebih meningkatkan program pembelajaran, khusus via daring. “Walaupun sebenarnya seluruh tugas perkuliahan di BINUS sudah menggunakan sistem melalui aplikasi,” katanya.

“Saat ini sudah baik. Tetapi alangkah lebih baik lagi ditingkatkan pertemuan-pertemuan program tatap muka, penguatan, dibuatkan aplikasi by sistem yang lebih baik lagi. Hal ini mengingat kita akan full daring untuk beberapa tahun ke depannya. Tetapi overall saat ini sudah bagus untuk aplikasi sistem BINUS,” pungkasnya.(*mia)

Sumber: Sumeks.Co