Pengalaman Kerja Jadi Gelar Sarjana

SUMEKS.CO – Kini kuliah S1 bisa ditempuh lebih cepat hanya dalam waktu 2,5 tahun melalui program RPL (rekognisi pembelajaran lampau) di Binus Palembang.

Pandemi covid-19 mempengaruhi banyak sektor diantaranya sektor bisnis dan sektor Pendidikan. Banyak calon mahasiswa yang saat ini terkendala untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Disisi lain, industri yang terus berkembang juga meminta standar kualitas sumberdaya manusia yang semakin tinggi untuk bisa membantu perusahaan bertahan dalam persaingan bisnis.

Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan yang menuntut karyawannya yang masih memiliki standar Pendidikan kurang mencukupi untuk dapat meningkatkan keahlian teknis yang salah satunya adalah dengan melakukan studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

Lama waktu tempuh Pendidikan Strata 1 yang memakan waktu 4 tahun menjadi kendala yang dialami oleh banyak karyawan yang ingin melanjutkan Pendidikan.

Namun, saat ini pemerintah melalui Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 26 Tahun 2016 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau dan dalam rangka pengakuan capaian pembelajaran untuk melanjutkan pendidikan formal dan pengakuan capaian pembelajaran untuk disetarakan dengan kualifikasi tertentu, memberikan harapan baru kepada para pekerja ini untuk bisa mendapatkan kemudahan dalam Pendidikan.

BINUS University melalui Program BINUS Online Learning meluncurkan Jalur RPL untuk menjawab kendala yang dihadapi para pekerja yang ingin melanjutkan kuliah.

Jalur RPL yang merupakan singkatan dari Rekognisi Pembelajaran Lampau, adalah penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai program studi BINUS Online Learning.

RPL sendiri merupakan sebuah implementasi dari pembelajaran sepanjang seumur hidup untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja yang terdidik dan berkeahlian. RPL ini juga membantu memberikan kesempatan yang lebih luas lagi untuk masyarakat yang telah memiliki pengalaman kerja, untuk dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Sistem pembelajarannya pun tetap memakai satuan kredit semester (sks) dalam bentuk mata kuliah, yang diperoleh melalui pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi. Jumlah maksimal mata kuliah yang dapat diperoleh atau diakui adalah 15 mata kuliah.

Manager BINUS @Palembang, Hardiyansyah, S.Kom, M.M. mengatakan di BINUS Online Learning @Palembang telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur RPL sejak 1 September 2020 yang lalu.

“Keunggulan dan keuntungan join di program RPL BINUS Online Learning yakni lulus lebih cepat, hemat biaya, kuliahnya bisa dilakukan dengan fleksibel, dan tentunya dengan standar kualitas terbaik dari BINUS University yang berstandar Global. Program RPL memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat yang telah berpengalaman kerja secara profesional untuk mendapatkan pendidikan tinggi,” katanya.

Sebut Hardiyansyah, untuk bisa menjadi mahasiswa melalui jalur RPL, calon mahasiswa akan menjalankan proses assessment yang hasilnya akan menentukan barapa jumlah mata kuliah yang dapat diperoleh.

Jumlah minimal nya 5 mata kuliah dan maksimal mata kuliah yang bisa diperoleh yaitu 15 mata kuliah. Kekurangan kredit selanjutnya dipenuhi melalui pelaksanaan perkuliahan sesuai kurikulum Prodi BINUS Palembang.

Lebih jauh dikatakan Hardiyansyah, Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) ini sangat cocok untuk para karyawan yang ingin tetap melanjutkan studi mereka dengan jurusan dan pekerjaan yang sama, karena mereka bisa tetap dapat menjalankan Kuliah dan bekerja sacara bersamaan yang tentunya tanpa mengganggu aktifitas kerja mereka,” jelasnya.

Dengan mendapatkan gelar sarjana (S1), tambahnya, diharapkan dapat menunjang karir mereka ke depannya.

“Dengan semua keunggulan itu, mahasiswa yang mengikuti RPL nantinya bisa lulus lebih cepat dengan target 2,5 tahun tergantung jumlah mata kuliah yang diakui, selain itu karena kuliah sambal kerja tentunya pembelajaran akan menjadi efektif karena ilmu yang dipelajari dalam perkuliahan juga bisa diterapkan secara langsung dalam pekerjaan,” paparnya.

Seraya menambahkan, program RPL memiliki 5 prodi. Yakni Akuntansi, Business Management, Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Teknik Industri.

Dihubungi secara terpisah, Chandra Budiman, salah satu mahasiswa baru yang memilih program RPL mengaku, dirinya sengaja berkuliah di BINUS dikarenakan adanya program RPL.

Karena dengan mengambil jalur program RPL, dirinya tetap dapat melanjutkan studinya sambil bekerja karena waktu kuliah yang sangat fleksibel. “Saya sudah lama bekerja kurang lebih 10 tahun. Saat mengetahui BINUS Palembang membuka program baru RPL yang membuat pengalaman kerja bisa diakui sebagai mata kuliah, tanpa berpikir panjang saya langsung mendaftar. Karena saya tertarik dengan waktu kuliah menjadi lebih singkat,” tandasnya.

“Saya bekerja di salah satu perusahaan ternama di Kota Palembang sebagai mekanik alat berat. Nah, disinilah saya melihat BINUS Palembang bisa dipilih untuk melanjutkan studi dengan pekerjaan saat ini.

Sebelumnya saya hanya tamatan SMK dengan jurusan otomotif. Di BINUS Palembang, saya mengambil jurusan Teknik Industri karena linier dengan bidang pekerjaan saya,” paparnya.

Saat ini, Chandra mengaku sudah mempersiapkan dirinya dengan baik untuk mengikuti kegiatan perkuliahan. Dengan menjadi mahasiswa di BINUS Palembang, Chandra berharap ilmu yang didapat semakin banyak dan bermanfaat serta dapat menunjang karirnya menjadi lebih baik lagi.

“Harapan saya ke depannya semoga Universitas BINUS Palembang bisa menjadi pioner kuliah dengan metode Online Learning terbaik di Palembang. Seperti meluncurkan program-program baru lainnya yang menambah kemudahan para karyawan diluar sana untuk melanjutkan studi mereka, dan menghasilkan lulusan yang berkompeten,” tutupnya.(ril)

 

Sumber : https://sumeks.co/pengalaman-kerja-jadi-gelar-sarjana/