Jadi Programmer, Siapa Takut?

TRIBUNSUMSEL.COM. PALEMBANG – Programmer menjadi salah satu peluang kerja di bidang Informasi Teknologi (IT) yang kini cukup banyak dibutuhkan. Apalagi perkembangan era teknologi digital yang semakin masif, membuat permintaan pekerja profesional di bidang tersebut meningkat.

Bahkan jurusan yang berkaitan dengan teknologi kini menjadi salah satu program studi favorit di era digital.

Menjadi seorang programmer adalah salah satu pekerjaan yang bisa dipilih oleh mahasiswa, baik dari jurusan Sistem Informasi maupun Teknik Informatika. Dimana pekerjaan ini menuntut kemampuan penguasaan bahasa pemrograman, analisis beserta logikanya.

Di BINUS University @Palembang jurusan Teknik Informatika bisa jadi pilihan yang tepat bagi anda yang meiliki cita-cita menjadi seorang programmer.

Berbeda dengan kampus lain, BINUS University @Palembang memiliki sejumlah keunggulan yang pasti membuat kalian nyaman selama menuntut ilmu.

Kepala Jurusan Teknik Informatika BINUS Online Learning, Dr Suharjito, SSi, MT mengatakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk jurusan Teknik Informatika berdiri sejak tahun 2016. Keunggulan dari jurusan ini adalah proses pembelajaran yang fleksibel dan berkualitas untuk mendidik mahasiswa agar menjadi System Developer ataupun Technopreneur yang berpengetahuan aplikatif di bidang komputer dan informatika yang berwawasan global.

Diharapkan lulusannya akan menjadi System Developer berbasis web ataupun berbasis mobile yang sesuai dengan trend teknologi saat ini seperti, Data Science, Cloud Computing, Internet of Thing (IoT) dan Cyber Security.

“Oleh karena itu keunggulan prodi PJJ Teknik Informatika di BINUS University @Palembang sangat berbeda apabila dibandingkan dengan prodi sejenisnya, seperti penggunaan kurikulum yang sesuai dengan trend teknologi IT terkini yang berorientasi pada aplikasi industri. Dimana lulusannya sudah siap bekerja dengan pengetahuan dan pengalaman di bidang teknologi IT terkini,” ujarnya, Senin (28/2/2022).

Peningkatan program Teknik informatika di BINUS Online Learning cukup signifikan, hal ini terlihat pada minat calon mahasiswa yang mengalami kenaikan sekitar 17%.

“Dari kinerja intake mahasiswa tersebut saat ini PJJ Teknik Informatika telah mempunyai lulusan hampir ribuan alumni dengan jumlah mahasiswa aktifnya 750-800 mahasiswa,” jelas Suharjito.

Karenanya BINUS University @Palembang dapat bersaing dengan memberikan sistem pembelajaran PJJ Teknik Informatika yang bisa dilakukan secara fleksibel dengan pendidikan yang berkualitas.

“Artinya proses pembelajaran dapat dilakukan kapan dan dimana saja dengan materi dan proses pembelajaran yang berkualitas serta didukung oleh aplikasi LMS (Learning Management System). Materi pembelajaran disusun dengan standar internasional ACM (Association for Computing Machinery) dan IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) Computer Society,” ungkapnya lagi.

Selain itu, mata kuliah yang diberikan ke mahasiswa telah dikembangkan oleh dosen-dosen yang berpengalaman di bidangnya. Program PJJ Teknik Informatika terdiri dari tiga jenjang yaitu jenjang D3 ke S1(ekstensi), jenjang SMK/SMA ke S1 dan program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau).

“Lama pendidikan untuk jenjang ekstensi adalah 2 tahun (4 semester) sedangkan lama pendidikan untuk jenjang SMK/SMA ke S1 adalah 4 tahun (8 semester),” bebernya.

Kemudian untuk program RPL dikhususkan bagi para calon mahasiswa lulusan SMK/SMA yang telah memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun, pengalaman kerja tersebut akan diakui sebagai mata kuliah di BINUS University @Palembang mulai dari 5 matakuliah sampai dengan 15 matakuliah. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Proses pembelajaran untuk setiap semesternya terbagi menjadi 2 periode dengan jumlah mata kuliah untuk setiap periodenya adalah 2-3 mata kuliah, sedangkan untuk lama pembelajaran setiap periode adalah 10 minggu dengan satu kali ujian akhir di minggu ke 11,” tuturnya.

“Selama proses pembelajaran mahasiswa tidak perlu datang ke kampus karena semua kegiatan belajar mengajar sampai ujian telah dilakukan secara online,” imbuhnya lagi.

Lalu, bagaimana kualitas lulusan dari BINUS University @Palembang? Suharjito menjelaskan bahwa berdasarkan hasil data yang ada, sebagian besar setiap lulusan BINUS University @Palembang telah dipersiapkan untuk mampu bersaing hingga ke kancah Internasional.
Profile lulusan prodi PJJ Teknik Informatika saat ini kebanyakan sudah bekerja baik di dalam ataupun diluar negeri, yaitu di bidang Teknologi Informasi seperti Software Developer, System Engineer, Database Administrator, Web Developer/Designer Mobile Application Developer, System Support & Network Administrator, IT Technopreneur, IT Project Manager, Application Architect, Big Data Specialist, IT Consultant, Network Specialist, Data Scientist, Cloud Computing Specialist dan masih banyak lagi.

Sumber: Tribunnews.com