Menelisik Peluang Karir Jurusan Sistem Informasi

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG – Di tengah kemajuan teknologi saat ini, jurusan sistem informasi menjadi salah satu jurusan yang cukup banyak dipilih anak muda yang memiliki peminatan menganalisis data.

Apalagi potensi peluang karir lulusannya kini kian menjanjikan. Seperti di BINUS University @Palembang yang juga memiliki jurusan sistem informasi, sangat tepat bagi Anda jika ingin melanjutkan kuliah.

Head of Program Informations System BINUS Online Learning Titan, S.Kom., M. MSI. mengatakan bahwa program studi S1 Sistem Informasi merupakan program studi pertama di Indonesia yang mendapatkan izin resmi dari pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan jarak jauh.

“Kurikulum kita mengacu kepada standar internasional Association for Computing Machinery (ACM) dan Association for Information Systems (AIS),” ujarnya.

Dikatakannya, pembelajaran didukung oleh Learning Management System (LMS), platform pembelajaran online yang canggih dan mudah digunakan, yang dapat diakses 24/7 atau 24 jam full selama tujuh hari.

“Pembelajaran Online didukung oleh materi-materi yang komprehensif dan siap diakses oleh para mahasiswa, seperti materi presentasi, catatan rangkuman dosen, video pembelajaran, serta koleksi e-Book yang lengkap,” bebernya.

Adanya Enrichment Program di dalam kurikulum mahasiswa, dapat memungkinkan student untuk bisa mengembangkan minat dan bakat di luar program studi utamanya, dengan mengikuti program seperti Technopreneurship, Free Electives, Internship, dan Business Incubator.

Lalu, seberapa besar peluang karir untuk dapat bekerja dari jurusan sistem informasi dan peluang kerja apa saja yang cocok?

“Besar sekali peluang karirnya, mengingat bidang ilmu sistem Informasi sangatlah dibutuhkan pada era digital sekarang ini. Karena sudah semakin banyak perusahaan yang menjalankan bisnisnya secara digital marketing tentunya akan berdampak pada semakin banyak dibutuhkannya orang-orang yang professional dan paham perihal pengembangan sistem Informasi serta pemanfaatan teknologi,” jawabnya dengan tegas.

“Anda dapat bekerja sebagai System Analyst, Project Leader, IS/IT Consultants, Software Developer, Data Engineer, Business Analytics Specialist, Digital Transformation Specialist, dan Technopreneur,” lanjutnya.

Baca Juga: Asyiknya Jadi Mahasiswa Sistem Informasi di BINUS Palembang

Mengingat bahwa bidang ilmu sistem Informasi sangat dibutuhkan di berbagai ragam industri, maka peluang kerja anda tidak hanya terbatas di perusahaan IS/IT saja, karena hakikatnya setiap bidang industri apapun membutuhkan dukungan teknologi di dalam meningkatkan kinerja bisnisnya.

Karenanya, antusiasme masyarakat dan calon mahasiswa sangat baik sekali terhadap Prodi Sistem Informasi BINUS Online Learning.

Hal ini terlihat dari intake (penerimaan mahasiswa baru) yang trendnya selalu meningkat dari tahun 2019, di samping ada sekitar ribuan mahasiswa aktif yang sedang menempuh perkuliahan dengan nyaman dan fleksibel di Prodi Sistem Informasi BINUS Online Learning.

“Rata-rata peningkatan mahasiswa baru sebesar 10 persen dan kami telah meluluskan lebih dari 500 para wisudawan/wati,” ungkapnya.

Untuk kualitas lulusan dari Prodi Sistem Informasi BINUS Online Learning sudah sangat baik. Hal ini terlihat dari respon para pengguna lulusan kami yang rata-rata puas dengan kinerja dari para lulusan.

“Per tahun lalu, 91 persen lulusan kami sudah bekerja saat mereka diwisuda, dan 77 persen di antaranya bekerja di global dan multi-national company,” tegasnya.

Hal ini tentu saja tidak lepas dari dukungan BINUS Career, salah satu unit kerja di BINUS University yang secara intens membantu para lulusan untuk segera mendapatkan pekerjaan, melalui program-program rutinnya seperti job expo, campus hiring, seminar pengembangan karier, dan sebagainya.

“Sistem Pembelajaran yang diterapkan di Prodi sistem Informasi mengusung model pembelajaran yang fleksibel dan berkualitas,” imbuhnya.

Beliau menambahkan, kehadiran Learning Management System yang 24/7 memudahkan para mahasiswa untuk dapat membaca materi, ikut dalam diskusi online, mengerjakan tugas, kapanpun dan dimanapun tanpa batasan ruang dan waktu.

“Sesi tatap muka dilakukan secara video conference dengan dosen juga dijadwalkan guna mengakomodir kebutuhan mahasiswa untuk dapat bertanya dan berdiskusi secara lebih mendalam,” tegasnya.

Beragam unit kerja pendukung yang ada di BINUS University @Palembang juga siap melancarkan proses belajar mengajar para mahasiswa, mulai dari Team Student Service yang responsif, Team IT yang handal, Team Library Knowledge Center dengan koleksi daftar pustakanya yang lengkap, Team Advisory Center yang ramah, dan masih banyak lagi keunggulan yang ditawarkan.

“Dengan berbagai keunggulan diatas, tentunya akan sangat membantu para calon mahasiswa yang masih bingung untuk menentukan pilihan kampus yang fleksibel ditengah kesibukan kerja dan kondisi pandemic saat ini. Ada baiknya sebelum menentukan pilihan jurusan, anda bisa konsultasi terlebih dahulu dengan admin BINUS University @Palembang di 0813 7338 1038 atau bisa cek website resminya disini ,” tutupnya sembari tersenyum.

Sumber: TribunSumsel.com

 

  1. Hai kk

    • Hi Kak :) Selamat datang di Binus @niversity @Palembang. Ada yang bisa kami bantu? :D

  2. Siang, dimana saya bisa melihat kurikulum jurusan sistem informasi dan tehnik informatika ? Terima kasih

    • Hi kak :) untuk kurikulum PJJ jurusan Sistem Infromasi bisa lihat disini ya: https://onlinelearning.binus.ac.id/information-systems/post/curriculum-2024/ Sedangkan, untuk kurikulum PJJ jurusan Teknik Informatika bisa lihat disini: https://onlinelearning.binus.ac.id/computer-science/post/course-structure-2/ Untuk info lebih lanjut, yuk hubungi WA kita di 0812 7998 6289 Terima kasih ?