20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2022

Jakarta – Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi 4 International College and Universities (4ICU) UniRank kembali merilis daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia. Salah satu kategorinya adalah universitas terbaik di Indonesia untuk edisi Agustus 2022.
Dilansir dari situs resmi UniRank, terdapat 582 perguruan tinggi di Indonesia yang memenuhi kriteria seleksi tahun ini. Perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta masuk dalam kategori pemeringkatan versi UniRank 2022.

UniRank merupakan sebuah lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan website yang dimilikinya. UniRank menggunakan tiga kriteria untuk menentukan kategori perguruan tinggi terbaik.

Dalam setahun, UniRank merilis dua edisi pemeringkatan universitas terbaik yakni untuk edisi Januari dan Juli. Lembaga pemeringkatan universitas internasional yang berbasis di Sydney, Australia ini menggunakan penilaian berdasarkan sistem algoritma lima website yang dianggap netral dan independen.

Lima website ini adalah Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains dan Majstic Trust Flow.

Kriteria penilaian UniRank 2022
UniRank menerapkan metode khusus untuk menilai setiap universitas yang kemudian ditetapkan peringkatnya. Berikut kriteria penilaian UniRank 2022:

1. Perguruan tinggi yang masuk pemeringkatan UniRank telah diakui dan mendapat lisensi atau akreditasi dari lembaga yang memiliki kewenangan di Indonesia

2. Perguruan tinggi menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (gelar sarjana) atau gelar pascasarjana (gelar master atau doktoral).

3. Perguruan tinggi menggelar kuliah terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, maupun jarak jauh atau online.

Dalam peringkat tiga teratas universitas terbaik di Indonesia versi UniRank 2022 adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Brawijaya (UB). Selanjutnya diikuti oleh deretan universitas lainnya.

Berikut daftar 20 universitas terbaik di Indonesia Versi UniRank 2022:

1. Universitas Indonesia (UI)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Universitas Brawijaya (UB)
4. Institut Teknologi Bandung (ITB)
5. Universitas Airlangga (Unair)
6. Universitas Bina Nusantara (Binus)
7. Universitas Padjadjaran (Unpad)
8. Universitas Sebelas Maret (UNS)
9. Universitas Diponegoro (Undip)
10. Institut Pertanian Bogor (IPB)
11. Universitas Telkom
12. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
13. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
14. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
15. Universitas Teknokrat Indonesia
16. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
17. Universitas Gunadarma
18. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)
19. Universitas Jember (Unej)
20. Universitas Negeri Malang (UM)

Baca artikel detikedu, “20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2022, UI dan UGM Urutan Teratas” selengkapnya https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6231669/20-universitas-terbaik-di-indonesia-versi-unirank-2022-ui-dan-ugm-urutan-teratas.