Keunggulan dan Keuntungan Join di Program RPL BINUS ONLINE

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah penyetaraan akademik atas pengalaman kerja dan pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai Program Studi BINUS ONLINE LEARNING.RPL merupakan implementasi pembelajaran sepanjang hayat (life-long learning) untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja terdidik dan berkeahlian. RPL memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat yang telah berpengalaman kerja untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Melalui asesmen, pencapaian pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman kerja dan pelatihan bersertifikasi ditetapkan menjadi raihan satuan kredit semester (sks) dalam bentuk mata kuliah. Jumlah maksimal mata kuliah yang bisa diperoleh adalah 15 mata
kuliah. Kekurangan kredit selanjutnya dipenuhi melalui pelaksanaan perkuliahan sesuai dengan kurikulum Program Studi BINUS ONLINE LEARNING. Lalu apa keunggulan Program RPL?

1. Lulus Lebih Cepat

Dengan raihan mata kuliah yang diperoleh melalui penyetaraan akademik atas pengalaman kerja dan pelatihan bersertifikasi, maka mahasiswa bisa mempercepat waktu kelulusan dibandingkan dengan mahasiswa yang menempuh di BI NUS Online Learning jalur reguler selama 8 semester. Sebagai gambaran, tabel berikut ini memberikan contoh kasus raihan mata kuliah yang bisa memperpendek masa studi:

 

 

Jumlah Mata Kuliah yang diakui Jumlah Mata Kuliah yang diakui

5 Mata Kuliah

sampai

15 Mata Kuliah

Lama Studi Awal 8 Semester Lama Studi Setelah RPL

5 Semester

sampai

7 Semester

 

2. Hemat Biaya

Raihan mata kuliah yang diperoleh dari penyetaraan akademik hanya dikenakan 50% dari biaya mata kuliah reguler. Di samping itu, biaya BP3 setiap semester akan berkurang sesuai dengan jumlah semester yang lebih pendek, sehingga jumlah total biaya program RPL menjadi lebih kecil daripada program reguler

3. Fleksibilitas Perkuliahan Online

Dalam kegiatan belajar, mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Kehadiran dalam tatap muka di ruang kelas akan dilakukan pada mata kuliah praktikum yang tidak dapat dilakukan secara online. Interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Metode ini sangat cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur yang sudah mempunyai pengalaman kerja, dan keahlian tertentu yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terkendala dengan waktu dan tempat.

4. Berkualitas

Beban kegiatan belajar untuk mahasiswa sudah disiapkan dan diperhitungkan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Online Learning menggunakan LMS (learning management system) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan demikian mahasiswa online learning dipastikan mempunyai kualitas yang sama dengan mahasiswa yang melakukan sistem perkuliahan pada umumnya.

5. Pembelajaran Global

Dengan metode pembelajaran online maka pembelajaran dapat dilakukan tanpa ada batasan waktu dan tempat, sehingga mahasiswa online akan berasal dari berbagai daerah dan negara yang akan dipandu oleh dosen-dosen BINUS yang tidak hanya berada di Jakarta tetapi juga yang sedang berada di luar negeri.

Yuk buruan gabung ke BULC Palembang. Kuliah tuh gini! Kuliah Fleksibel, Lulusan Berkualitas!