Binus University Palembang Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Periode September 2022, 5 Program Studi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Memasuki tahun ajaran baru 2022/2023 sekolah hingga perguruan tinggi di Indonesia, Binus University Palembang saat ini membuka pendaftaran dan penerimaan peserta didik mahasiswa baru.

Binus University Palembang yang juga sedang membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikannya, baik dari jenjang SMA yang ingin lanjut ke S1 ataupun dari D2, D3 yang ingin lanjut ke jenjang S1.

Karena menurut keterang Hardiansyah, selaku dosen di Binus University yang juga merupakan narasumber dalam acara Open House Binus University yang digelar, Sabtu (16/7/2022), pendidikan itu tidak memandang usia.

“Tidak ada kata terlambat untuk kuliah/menuntut ilmu. Tahun berapa pun kamu lulus sekolah, dan berapapun umurmu, kita masih berhak untuk menuntut ilmu,” kata Hardiansyah.

Oleh sebab itu, Hardiansyah juga mengibaratkan memilih tempat pendidikan (kuliah khususnya), sama dengan memilih kelas pesawat.

Karena kelas yang kita pilih akan menentukan pelayanan dan benefit yang akan kita dapatkan.

“Memilih Universitas atau pendidikan sama dengan memilih pesawat,” tuturnya.

Jika kita memilih pesawat dengan kelas yang biasa maka benefit yang akan kita dapatkan juga biasa saja, begitu juga dengan pendidikan.

Saat seseorang memilih untuk kuliah. Melanjutkan pendidikan di tempat yang biasa-biasa saja, maka yang akan didapatkan juga akan berbeda dengan yang didapatkan di tempat pendidikan dengan kelas internasional.

Hal tersebut diungkap Hardiansyah, mengingat Binus University sendiri yang telah diakui dunia sebagai universitas swasta dengan kelas internasional.

Selain itu ia juga menyebut bahwa Binus University telah diakui sebagai Private university nomor 1 di Indonesia, yang telah tersebar di 6 kota besar Indonesia dan salah satunya adalah di Palembang.

Berikut Sripoku.com uraikan 5 program studi yang ada di kampus Binus Palembang lengkap dengan biayanya:

  • Program studi Teknik Industri (S1 dan D3 ke S1).
  • Program studi Teknik Informatika (S1 dan D3 ke S1).
  • Program studi Akuntansi (S1 dan D3 ke S1).
  • Program studi Business Management (S1 dan D3 ke S1).
  • Program studi Sistem Informasi (S1 dan D3 ke S1)
Adapun terkait biaya dari kelima program studi ini memiliki besaran yang sama yaitu, dengan 5 mata kuliah yang harus diselesaikan dengan besaran biaya per mata kuliah itu sebesar Rp 1.475.000 dengan biaya DP3 (biaya pembangunan) sebesar Rp 4.250.000 dan biaya BP3 (daftar ulang per semester) sebesar Rp 2.300.000, sehingga biaya awal untuk semester 1 di Binus University Palembang ini kurang lebih sebesar Rp 13.925.000.

Metode pembelajaran di Binus University ini hampir sama dengan perkuliahan pada umumnya, yaitu terdiri atas 16 kali pertemuan yang dibuat dalam 2 semester, dan tiap semester itu dibagi menjadi 2 periode, yakni 3 bulan dengan 6 pertemuan tatap muka, 10 pertemuan online, dan 1 pertemuan untuk ujian.

Binus University ini sendiri sudah ada sejak tahun 2001 dengan penerapan sistem online learning, namun baru disahkan sebagai sebuah universitas pada 2014 lalu. , dengan jumlah program studi sebanyak 54 program studi.

Melainkan sistem kelulusannya hanya dilihat dari hasil skripsi dan jurnal yang dibuat oleh mahasiswa.

Selain itu, dalam proses pengerjaan skripsi atau tugas akhir ini, mahasiswa dituntut untuk bekerjasama dengan rekannya alias berkelompok, minimal 2 orang dan maksimal 3 orang.

Hal tersebut bertujuan untuk membiasakan calon alumni Binus terbiasa dengan bekerja tim.

Nantinya, hasil skripsi tersebut akan dinilai oleh tim penilai yang biasanya adalah para peneliti untuk dilihat apakah tulisan mereka layak untuk diterbitkan atau tidak.

Sehingga dapat ditentukan apakah mahasiswa tersebut bisa lulus atau harus mengulang skripsi mereka itu.

Sumber: TRIBUNnews.com