BEDAH BUKU

Bedah Buku  “Linguistik Sintaksis Jepang”

 

Venue: BULC (BINUS University Learning Community) Semarang. Gedung Griya Bina Artha (Gedung Bank Jateng) Lt.3 Jl. Pemuda 142. Semarang

Pembicara:

Prof. Dr. Sheddy N.Tjandra, M.A., Guru Besar Linguistik di Indonesia sekaligus merupakan Faculty Member-Lecturer Specialist di Jurusan Sastra Jepang Binus University.

Moderator:

Elisa Carolina Marion, S.S., M.Si. selaku Ketua Jurusan Sastra Jepang BINUS UNIVERSITY

   Ilmu bahasa seringkali belum dianggap penting di dalam masyarakat. Seringkali bahasa dianggap sesuatu yang enteng dan mudah. Padahal, kegagalan berkomunikasi bisa jadi disebabkan karena kekurangan muatan pada pemahaman terhadap bahasa itu sendiri. Sebagai bagian dari sumbangsih kepakaran beliau untuk Indonesia, Prof. Dr. Sheddy N.Tjandra, M.A, sebagai Guru Besar Lingustik Jepang yang pertama di Indonesia, telah menerbitkan 3 buah buku yaitu Fonologi Jepang, Morfologi Jepang dan Sintaksis Jepang, yang akan disusul dengan buku Semantik Jepang di tahun 2016. Dengan buku2 tersebut, diharapkan masyarakat Indonesia bisa memahami ilmu bahasa khususnya bahasa Jepang dengan lebih mudah karena disusun dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia. Kepakaran beliau dalam bidang linguistik Jepang menghasilkan buku yang sangat terstruktur dan penjelasan yang sangat mendalam dibandingkan buku linguistik lainnya.

Sebagai salah satu kota yang memiliki peminat bahasa Jepang yang cukup banyak, kami memilih Semarang sebagai tujuan ke-2 untuk mengadakan cara bedah Buku Sintaksis Jepang, setelah Jakarta. Dalam bedah buku kali ini, Prof. Dr. Sheddy N. Tjandra, M.A akan mengulas mengenai ”Korelasi Ilmu Bahasa dan Kompetensi Percakapan” tentunya dalam konteks bahasa Jepang. Acara ini kami khususkan untuk rekan rekan Universitas di Semarang yang memiliki Jurusan Sastra Jepang, seperti Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Dian Nuswantoro. Harapan kami dengan adanya acara ini, kami dapat membantu para pemelajar bahasa Jepang di Semarang dapat memahami linguistik Jepang khususnya Sintaksis Jepang dengan lebih mudah dan bisa menggunakan gramatikal secara tepat dalam percakapan menggunakan bahasa Jepang.

upload web