WORKSHOP BELAJAR KANSAI BEN DAN KALIGRAFI JEPANG

Fasilitator:

Elisa Carolina Marion, S.S., M.Si. selaku Ketua Jurusan Sastra Jepang BINUS UNIVERSITY.

Hendy Reginald Cuaca Dharma, S.S., M.Si., Faculty Member Struktural Jurusan Sastra Jepang BINUS UNIVERSITY

Chihiro Nakamura, B.A., Lecturer Specialist Native Jurusan Sastra Jepang BINUS UNIVERSITY

 

Manga (komik Jepang), anime, Cosplay merupakan budaya populer Jepang yang saat ini sangat digandrungi oleh kaum muda di Indonesia. Banyak anak muda yang mengenal Jepang karena suka membaca komik Jepang (manga), suka menonton film kartun Jepang (anime) atau menjadi salah satu pelaku Cosplay Jepang. Bahkan, tidak sedikit kaum muda memilih melanjutkan jenjang pendidikan tinggi di bidang studi Jepang karena terlebih dahulu dekat dengan media media tersebut.

Sebagai salah satu penyelenggara Program Studi Sastra Jepang di Indonesia, BINUS UNIVERSITY melihat bahwa ketertarikan anak muda khususnya siswa SMA di Semarang terhadap Jepang merupakan hal yang sangat baik. Untuk mengenalkan keunggulan Jurusan Sastra Jepang BINUS

UNIVERSITY, pada hari Sabtu (28/11), Jurusan Sastra Jepang BINUS UNIVERSITY berkerjasama dengan BINUS UNIVERSITY Learning Community  Semarang menggelar workshop untuk para siswa/i SMA/SMK di Semarang dan sekitarnya. Dengan menghadirkan 2 tema workshop yaitu ”Belajar Kansai Ben (dialek daerah Kansai) melalui anime” dan ”Belajar Kaligrafi Jepang (Shodou)”, kami berharap kegiatan ini bisa memperkaya pengetahuan tentang bahasa dan budaya Jepang yang selama ini belum didapatkan dalam mata pelajaran Bahasa Jepang di kelas.

Di kemudian hari, kegiatan serupa dapat dilakukan dengan tema yang berbeda dan kerjasama BINUS UNIVERSITY dengan sekolah-sekolah dan komunitas-komunitas Jepang di Semarang dapat terjalin lebih erat.(Elisa)

IMG_2387 - Copy