Kuliah Online Jurusan Teknik Industri di BINUS Palembang Nyaman, Fleksibel dan Utamakan Kualitas

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG – Merdian Bahora, pria asal Palembang yang kini tinggal di Riau dan bekerja di Pertamina EP lapangan lirik Indagiri hulu Riau adalah salah satu mahasiswa BINUS Palembang.

Pria yang saat ini tengah menempuh pendidikan semester kedua jurusan Teknik Industri ini merasa beruntung bisa menjadi bagian dari keluarga BINUS University.

“Saya pilih kuliah di BINUS karena kuliahnya yang memiliki flexibiliti yang cocok untuk pekerja lapangan seperti saya dan tentunya juga mengutamakan kualitas pembelajarannya,” ungkapnya.

Ia merupakan mahasiswa ekstensi dari D3 dan tengah melanjutkan ke jenjang S1. “D3 saya sebelumnya teknik mesin dan tentunya untuk S1 saya juga melanjutkan ke teknik supaya linier dengan jurusan yang saya ambil sembelumnya,” jelasnya.

Masih kata Merdian, kelebihan jurusan teknik di BINUS  dibandingkan ditempat lain adalah BINUSmenawarkan materi yang mudah dipahami oleh mahasiswa dengan tutorial menggunakan video dan literatur yang mengadopt jurnal internasional maupun maupun nasional.

“Dan dari sumber buku-buku yang mudah di cari baik offline maupun online,” jelas bapak satu orang anak ini.

Lanjutnya, fleksibelnya kuliah di BINUS yakni pembelajarannya tidak perlu datang dan hadir ke kampus.
Dalam perkulihan ini mahasiswa diberikan tenggang waktu untuk mengerjakan tugas kuliah selama satu minggu.

“Misalkan ada thread atau komen yang di post oleh dosen di dashboard aplikasi Online Learning kita, maka kita harus merespon atau menjawab pertanyaan di forum itu dengan batas waktu 7 hari. Kita harus benar-benar aktif di Forum karena dengan begitu kita bahwa dianggap hadir dalam forum diskusi tersebut sebagai attandance kita,” jelasnya.

“Kemudian untuk tugas, setiap minggunya kami diberikan tugas, baik itu tugas individu maupun tugas kelompok, tugas individu dikerjakan secara individu dan di upload sesuai deadline yang telah ditentukan.

Untuk tugas kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang classmate. Kita bisa diskusi via forum grup ataupun grup Whatsapp untuk membahas setiap tugas kelompok, dan di upload oleh salah 1 anggota kelompok,

Setelah tugas dikumpulkan,  maka dosen akan verifikasi dan memberikan nilai terhadap tugas tersebut,”jelasnya.

“Cara  saya membagi waktu kuliah ini biasanya malam,  siang saya kerja, malam sambil santai sama anak istri sambil lihat-lihat siapa tau ada thread yang perlu kita respon atau tugas yang perlu kita kerjakan, dan sambil belajar dari literatur yang disampaikan dosen,” ungkapnya.

Merdian mengaku kepada team redaksi kami bahwa, “Pengalaman kuliah di BINUS so far so good mbak, it’s nice for the worker like me. Pokoknya flexibel, dosen dan tim admin yang ramah serta responsif. Dosenpun selalu dengan cepat menanggapi permasalahan mahasiswa.

Untuk biaya relatif terjangkau mbak. Untuk sebuah kampus yang berkualitas seperti BINUS ini cukup terjangkau apalagi dengan adanya Sistem Modular yang ditawarkan. Sangat membantu mahasiswa meringankan biaya kuliahnya,” tegasnya.

Sementara itu, Kajur Teknik BINUS Palembang, Taufik menjelaskan

“Sistem pembelajarannya dirancang sesuai kurikulum standard Internasional ABET.
Dimana pencapaian pembelajaran mahasiswa dapat diukur untuk  perbaikan sistem pembelajaran yang berkelanjutan.

Mahasiswa akan banyak mengalami pembelajaran interaktif dan digital. Studi kasus, Problem Based Learning, Diskusi, dan interactive class akan dilalui oleh mahasiswa dengan harapan mahasiswa dapat melihat permasalahan industri di era digital ini,” tuturnya.

“Dan nantinya, setelah lulus nanti mereka dapat memberikan peran nyata kepada masyarakat dan industri dalam menghadapi revolusi industri jilid keempat (Industry 4.0),” tegasnya.

Bergabung di BINUS sebagai Dosen program Teknik Industri sejak tahun 2002. Dimana Teknik Industri BINUS telah mendapat izin operasional oleh Ristekdikti pada tahun 1997.

“Tahun 2020 ini BINUS Palembang baru buka kelas khusus Teknik Industri secara Blended Learning (Online dan Onsite). Ada juga pilihan secara mode PJJ Teknik Industri, sehingga mahasiswa dapat belajar fleksibel, mudah, dan berkualitas. Izin PJJ Teknik Industri diperoleh sejak tahun 2017,” pungkasnya. (rie)

 

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Kuliah Online Jurusan Teknik Industri di BINUS Palembang Nyaman, Fleksibel dan Utamakan Kualitas, https://sumsel.tribunnews.com/2020/11/14/kuliah-online-jurusan-teknik-industri-di-binus-palembang-nyaman-fleksibel-dan-utamakan-kualitas.
Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Weni Wahyuny