Asyiknya Jadi Mahasiswa Sistem Informasi di BINUS Palembang

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Semakin tahun kemajuan dunia IT terus berkembang, tak khayal saat ini perkembangan IT pun harus tetap diikuti agar tidak gagap teknologi.

Hal itu pula lah yang dirasakan oleh Jiyady Al Haq Hasyim. Mahasiswa BINUS University @Palembang ini juga tidak ingin gaptek ditengah era kecanggihan teknologi saat ini.

Karena itu, ia pun memilih kuliah di BINUS Palembang dan mengambil jurusan Sistem Informasi.

“Mengapa saya lebih memilih kuliah di BINUS, karena saya merasa waktu kuliahnya fleksibel, kapan pun dan dimanapun saya bisa kuliah tanpa mengganggu aktivitas kerja saya,” ujarnya.

Ia mengaku saat ini mengambil jurusan Sistem Informasi karena ia merupakan lulusan ekstensi dari D3 Manajemen Informatika dan memang jurusan lanjutan untuk S1nya ialan ke Sistem Informasi.

“Saya juga memang lebih suka ke dunia IT . Apalagi saat ini  memang kemajuan teknologi tidak bisa dihindari, jadi dengan kita memahami mata kuliah yang ada di jurusan Sistem Informasi kita jadi gak gaptek,” jelasnya.

Lanjut dia, keunggulan BINUS  dengan kampus lain menurutnya nama BINUS University sudah menjadi kampus yang sangat familiar di Indonesia.

“Sistem perkuliahannya asik, nyaman. Mata kuliahnya bisa kita sesuaikan sendiri dengan kebutuhan kita,” jelasnya.

Apalagi, terang Jiyadi kesibukan ia sebagai pekerja kantoran membuatnya nyaman dan cocok kuliah di BINUS untuk melanjutkan gelar pendidikan S1 nya.

“Jadi kalau setelah jam pulang kerja, sudah santai saya sempatkan kuliah, trus sabtu minggu kalau  gak  ada kegiatan saya kuliah,” ujarnya.

Kemudian soal sistem pembelajaran binus sangat fleksibel.”Saya memilih BINUS Online Learning karena seluruh kegiatannya online. Mulai dari saat pengerjaan tugasnya online, presentasi ke dosen sampai ujiannya juga online,” ungkapnya.

Ia berharap semoga BINUS  bisa lebih baik lagi dan lebih meningkatkan kualitas sistem pendidikan online yang sudah baik ini.

Sementara itu, Kajur Sistem Informasi BINUS Palembang, Titan, S. Kom., M.MSI. mengatakan program studi ini merupakan Program Studi Sistem Informasi (S1) pertama di Indonesia yang mendapatkan izin secara resmi dari pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan online.

Program studi ini menyelenggarakan layanan pendidikan di bidang Sistem Informasi, yang menjembatani kebutuhan bisnis dengan pemanfaatan teknologi (ICT) yang tepat guna.

“Kurikulum Program Studi Sistem Informasi di BINUS Online Learning dibuat berdasarkan Outcome-Based Education, yang menekankan keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif,” tegasnya.

“Guna memastikan lulusan memiliki kompetensi yang diakui di dunia global, kurikulum di program studi mengacu kepada Association for Computing Machinery (ACM) dan Association for Information Systems (AIS).”

Lanjutnya, “Program Studi Sistem Informasi di BINUS Online Learning memiliki izin resmi dari pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan online.

Lebih lanjut, di bawah nama besar dari BINUS University, sudah dapat dipastikan bahwa infrastruktur dan teknologi pembelajaran di BINUS Online Learning sudah sangat handal.

“Proses pembelajaran berlangsung dengan fully online, sehingga sangat sesuai bagi mereka yang bekerja dan juga para millenial,” jelasnya.

Terlebih di masa pandemi seperti ini, ketika kampus-kampus lain baru menerapkan sistem belajar “online”, proses pembelajaran di BINUS Online Learning tidak terganggu sama sekali karena kami sudah memulai nya terlebih dahulu sejak tahun 2008.

Dengan ada program baru seperti program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL),diharapkan BINUS Online Learning juga dapat mengakomodir pengakuan terhadap kompetensi kerja dari para calon mahasiswa.”

Lanjutnya, sistem pembelajaran di BINUS Online Learning berpusat pada Learning Management System (LMS), yaitu sebuah website pembelajaran yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun baik melalui perangkat komputer ataupun gadget Anda, selama terhubung dengan jaringan internet.

Selain dapat diakses lewat website, LMS juga dapat diakses melalui aplikasi mobile.”

“Semua aktivitas pembelajaran terlaksana di dalam LMS, dari kegiatan self-learning, diskusi di forum, pengerjaan tugas dan quiz, sampai dengan sesi tutorial atau video conference dengan para dosen,” jelasnya.

“Para peserta didik juga dibekali dengan kumpulan materi pembelajaran yang akan memudahkan proses belajar, dari materi presentasi dan catatan dosen, sampai koleksi video, eBooks, dan journal.

“Relevansi bidang ilmu Sistem Informasi pada era digital (dan era pandemi) saat ini sangatlah dibutuhkan, mengingat para pelaku bisnis atau perusahaan secara pasti meng-online-kan bisnisnya, baik karena persaingan ataupun karena perubahan gaya hidup masyarakat ke arah new normal.

Belum lagi dengan banyak bermunculannya bisnis start-up. Oleh karena itu, permintaan terhadap pengembangan aplikasi akan senantiasa tinggi.

Permintaan yang tinggi ini tentu saja membutuhkan kehadiran para profesional ataupun pakar di bidang sistem informasi,” tuturnya.

“Melihat kondisi ini, tentu saja peluang kerja dari lulusan Program Studi Sistem Informasi BINUS Online Learning sangat lah tinggi.

Dengan terbiasanya lulusan belajar di lingkungan yang serba online, membuat lulusan lebih siap dengan lingkungan kerja yang mayoritas online di era new normal sekarang ini,” ungkapnya.

“Jadi tunggu apalagi, jalan untuk meupgrade gelar pendidikan S1 sudah terbuka di depan mata. Untuk calon mahasiswa yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara pendaftaran di BINUS Palembang dapat segera menghubungi kontak Admisi di 0813 7338 1038 atau bisa juga kunjungi website BINUS Palembang di https://bulc.binus.ac.id/palembang/ ,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Asyiknya Jadi Mahasiswa Sistem Informasi di BINUS Palembang, https://sumsel.tribunnews.com/2020/12/19/asyiknya-jadi-mahasiswa-sistem-informasi-di-binus-palembang.

Editor: Vanda Rosetiati