Pengalaman Seru Kuliah Online di Era New Normal

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Pandemi COVID-19 yang telah mewabah sejak awal tahun sangat berdampak luar biasa pada beberapa aspek kehidupan masyarakat secara global, tidak terkecuali di dunia pendidikan yang memaksa sebagian besar masyarakat untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar dari rumah atau online.

Jika kebanyakan perguruan tinggi cukup kesulitan dalam menerapkan pembelajaran daring karena sebelumnya bergantung pada interaksi tatap muka, beda dengan Universitas Bina Nusantara (BINUS) yang secara sistem dan insfrastruktur terbilang siap menerapkan metode tersebut. Hal ini karena BINUS University telah memiliki program pembelajaran jarak jauh (online learning) jauh sebelum pandemi Covid 19 masuk ke Indonesia.

“BINUS University memiliki misi untuk membina dan memberdayakan nusantara melalui pendidikan. BINUS akan terus bekerja keras untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kita tidak menyerah, kami terus berinovasi membuat sistem pendidikan yang semakin baik dari waktu ke waktu, dan terbukti kami lebih siap menghadapi pembelajaran di era new normal ini,” jelas Manager BINUS Palembang, Hardiyansyah, S.Kom, M.M.

Lanjutnya, “BINUS Palembang sendiri telah menjalankan pembelajaran sistem perkuliahan full online sejak tahun 2015. Sehingga apa yang sudah dijalankan ini diharapkan dapat memberikan solusi pendidikan yang berkualitas kepada calon mahasiswa di Sumsel dan sekitarnya. Dengan segala pengalaman yang telah dimiliki, BINUS Palembang siap untuk menjawab semua tantangan pendidikan di era New normal dengan tetap mengedepankan kualitas.

Sistem pembelajaran online learning ini sudah dilakukan jauh sebelum  pandemi melanda. Sehingga kami sudah mempunyai sistem yang kredibel, fleksibel dan juga dipercaya oleh banyak mahasiswa. Ini menunjukkan sistem pembelajaran BINUS Online Learning dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk bisa mendapatkan pendidikan berkualitas namun tetap fleksibel dalam belajar” bebernya.

Ia mengatakan untuk metode pembelajaran online secara umum sebelum dan saat pandemi relatif sama, karena di BINUS kami sudah terbiasa dalam menerapkan pembelajaran online learning. “Kami terus melalukan inovasi dan perbaikan pada sistem pembelajaran dari waktu ke waktu, supaya lebih powerfull dan memberikan kemudahan kepada mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan,” imbuhnya.

“Di masa pandemi ini, terjadi peningkatan jumlah mahasiswa baru di BINUS Palembang. Hampir 50 persen meningkat dibandingkan tahun lalu. Ini menjadi bukti sistem online learning yang kami jalankan dipercaya menjadi solusi pendidikan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Beno Rahman yang merupakan salah satu mahasiswa BINUS Palembang mengungkapkan alasannya memilih binus sebagai tempat untuk menuntut ilmu.

Ia mengatakan sistem BINUS Online Learning yang telah terintegrasi menjadi salah satu alasan dirinya memilih kuliah BINUS disamping kredibilitasnya yang kita semua tau sangat baik.

Selain itu, status nya sebagai karyawan sebuah perusahaan membuatnya memiliki keterbatasan waktu dan jarak untuk dapat melanjutkan pendidikan, namun di BINUS Palembang ia menemukan sistem perkuliahan yang efektif dan sangat fleksibel.

“Terlebih lagi ketika saya memulai kuliah di BINUS Palembang pada bulan Juni 2020 lalu, saat itu sedang diberlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) diberbagai daerah akibat pandemi covid-19, situasi ini sangat mendukung sekali untuk saya memilih kuliah online karena saya bisa belajar dan mengikuti perkuliahan dirumah atau tempat yang aman kapanpun tanpa perlu khawatir,” jelasnya.

Selain kredibilitasnya yang tidak diragukan lagi, keunggulan lain yang dapat dirasakan yakni dari segi waktu pembelajaran yang lebih efektif dan fleksibel.

“Kita diberikan fleksibelitas waktu dalam belajar, mengerjakan tugas dan ujian kapanpun dan dimanapun secara online. Disamping itu, BINUS tetap mengutamakan kualitas dari materi perkuliahan yang diberikan sehingga ilmu yang didapatkan pun berguna untuk kita. Terlebih lagi, BINUS juga memiliki Digital Library yang memudahkan para mahasiswa untuk mendapatkan e-book pendukung perkuliahan. Tugas kuliah juga dibuat dalam bentuk file sehingga dapat menghemat penggunaan kertas yang tentunya bisa memberikan dampak baik juga bagi bumi kita, jadi mahasiswa tidak perlu lagi repot-repot membeli buku. BINUS juga menawarkan beasiswa kepada mahasiswanya lho,” bebernya penuh semangat.

Lanjutnya, “Di era 4.0 ini kita dituntut untuk bisa menggunakan teknologi dan mengikuti sistem belajar yang lebih variatif.

Sehingga dapat membuat kami belajar hal-hal baru dan meningkatkan kapabilitas sebagai generasi perubahan. Website ataupun aplikasi nya pun bisa di akses via mobile. Aplikasi BINUS MAYA ini sangat membantu dalam proses perkuliahan yang user friendly,” ungkapnya.

“Selama di BINUS, pengalaman yang paling menyenangkan yakni dapat berinteraksi dengan rekan-rekan mahasiswa lain yang memiliki latar belakang beragam serta berasal dari berbagai daerah yang berbeda baik didalam negeri dan bahkan sudah ada yang bekerja di luar negeri.

Dengan begitu, dapat memperluas networking yang kita miliki. Selain itu, adanya praktisi profesional yang menjadi dosen tamu pada beberapa pertemuan kuliah, membantu kita untuk dapat memperoleh tambahan knowledge,” jelasnya.

Saat ini, ia  merupakan karyawan di salah satu BUMN yang ada di Sumatera Selatan dan sedang menempuh pendidikan ekstensi dari D3 ke S1 dengan mengambil jurusan Business Management di BINUS Palembang dan telah memasuki Semester ke-2.

“Saya senang sekali bisa kuliah di BINUS Palembang dan harapan saya ke depan agar teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan tidak perlu ragu untuk memilih BINUS Palembang,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Pengalaman Seru Kuliah Online di Era New Normal, https://sumsel.tribunnews.com/2020/12/26/pengalaman-seru-kuliah-online-di-era-new-normal?page=2.
Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Vanda Rosetiati