Pentingnya Pendidikan untuk Peningkatan Karir di Era Industri 4.0

TRIBUNSUMSEL.COM PALEMBANG- Seiring perkembangan teknologi yang saat ini sudah berada di era industri 4.0, tak heran bila dunia pendidikan juga ikut berperan penting didalamnya.

Terutama dalam hal peningkatan karir, seseorang di era ini dituntut untuk terus meng-upgrade ilmu yang dimilikinya mengikuti kebutuhan industri yang terus berkembang.

Manager BINUS University @Palembang, Hardiyansyah, S.Kom., M.M. mengatakan, di era industri 4.0 saat ini semua aspek kehidupan ikut berkembang seiring dengan perkembangan teknologi termasuk dalam bidang pendidikan.

“Pendidikan juga ikut menyesuaikan dengan mengadopsi teknologi digital yang terus berkembang. Sehingga industri pendidikan perlu menyesuaikan diri di setiap perkembangan teknologi yang ada termasuk dalam model pembelajaran,” ujarnya.

Dijelaskan Hardy, saat ini mahasiswa harus memiliki modal yang kuat, dimana mereka harus memiliki pendidikan yang mampu menjawab setiap tantangan di era 4.0 ini.

“Karena ke depannya akan banyak profesi yang akan tergantikan oleh teknologi. Oleh karena itu, setiap mahasiswa/lulusan perlu memiliki pengetahuan yang lebih baik supaya mereka bisa mengendalikan teknologi yang akan terus berkembang dari masa ke masa,” jelasnya.

Karenanya, lanjut Hardy, setiap industri membutuhkan orang-orang yang mampu mengendalikan teknologi.

“Kita memang tak bisa mengalahkan teknologi, tapi setiap industri membutuhkan orang yang mampu mengendalikan teknologi. Dengan knowledge yang baik maka akan menjadi bekal untuk menghadapi era teknologi saat ini,” ungkapnya.

Menurut Hardy, sangat penting sekali peran pendidikan di era industri 4.0 karena pertumbuhan teknologi industri baru yang sudah banyak bermunculan dan sisi lain banyak pula industri yang tergantikan oleh teknologi.

Baca Juga: Upgrade Gelar itu Penting
“Industri dalam bidang apa saja yang tumbuh? Yaitu seperti big data analitytic, digital interaksi, digital media dan lain sebagainya. Ini yang perlu disikapi oleh mahasiswa atau lulusan untuk memiliki pengetahuan yang cukup dengan begitu mereka bisa menjadi orang yang mampu mengendalikan teknologi tersebut,” ungkapnya.

BINUS University @Palembang sendiri sebagai salah satu universitas yang sangat kuat di bidang teknologi yang mampu mengikuti perkembangan teknologi dan terus menyesuaikan diri dengan kebutuhan tersebut.

“Artinya BINUS University @Palembang membuka jurusan yang memang sangat dibutuhkan di industri saat ini atau mengembangkan pembelajaran atau mata kuliah sesuai dengan industri,” bebernya.

Lanjutnya, saat di bangku kuliah mahasiswa dibekali dengan baik, dan lengkap terkait dengan industri apa yang dibutuhkan.

“Selain itu, metode pembelajaran juga sudah kita sesuaikan. Bahkan jauh sebelum pandemic, kita sudah menerapkan sistem pembelajaran yang inovatif yakni dalam bentuk online learning dimana pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, fleksibel namun dengan tetap menjaga kualitas termasuk materi pembelajaran terkait apa yang dibutuhkan di dunia teknologi saat ini,” tutupnya.